Senin, 31 Oktober 2011

kasus (konflik) yang terjadi dan solusinya dari sudut pandang etika bisnis

Kasus produk WYETH bermasalah

Pada kasus ini sempat tersebar issue bahwa produk Wyeth di Singapura sudah di tarik dari pasaran karena sudah tidak layak di konsumsi lagi produknya karena susu formulanya mengandung lutein.

Ternyata terdapat kesalahpahaman pada konsumen, yang terjadi sebenarnya adalah bahwa AVA (Agri-Food & Veterinary Authority) Singapore mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada para importir dan agen penjualan susu formula bayi di Singapura yang isinya meminta agar para importir dan agen tersebut tidak memasarkan produk-produk susu formula
bayi yang mengandung Lutein yang di import secara pararel (tidak resmi/
ilegal), Oleh karenanya AVA menyarankan untuk tidak memperdagangkan
produk-produk yang tidak resmi tersebut.

Jadi issue ini bukanlah issue mengenai keamanan pangan tentang kandungan Luteinnya, tapi lebih merupakan issue mengenai pendaftaran / proses registrasi produk yang belum selesai. Wyeth Singapura sudah mendaftarkan produk-produk yang mengandung Lutein ke AVA dan tinggal menunggu approvalnya.

Wyeth sangat memperhatikan kualitas dan keamanan produk-produknya. Semua produk Wyeth yang dipasarkan sudah melalui serangkaian uji kualitas yang sangat ketat mulai dari bahan baku hingga produk jadi. Saat ini Lutein sudah mendapatkan izin untuk digunakan di dalam susu formula di banyak negara di dunia, termasuk China, Malaysia, Hong Kong, Mexico, Indonesia, Columbia, Ecuador dan Amerika Tengah.




sumber : http://www.infobunda.com/pages/newforum/posts.php?topic=9821&setpages=1&start=0&apage=10&number=66

Tidak ada komentar:

Posting Komentar